wibiya widget

Diberdayakan oleh Blogger.
SELAMAT DATANG DI BLOG BEMF PSIKOLOGI UMB YOGYAKARTA
RSS

Mengatasi Efek Reaktif Observasi




Dalam proses observasi tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan efek reaktif. Efek reaktif yang dimaksudkan adalah sebagai situasi yang mana proses atau kejadian yang normal tidak terlihat, oleh karena kehadiran pengamat dari luar. Misalkan karena subjek sadar sedang diobservasi. Beberapa cara untuk mengatasi hal ini adalah

1.Menjadi netral
Usahakan observasi dilakukan dengan cara tanpa melakukan stimulus, sikap ataupun perilaku yang dapat mempengaruhi perilaku normal kecuali pada observasi analog.

2.Posisi diri dari tempat yang diamati
Mengatur posisi diri dalam mengamati dan melakukan pencatatan agar tidak mengganggu dan mempengaruhi perilaku normal dari observe.

3.Perhatian dari satu orang ke yang lain
Hindari bentuk perhatian yang dapat membuat observer menjadi pusat perhatian dari satu orang ke yang lain termasuk observe.

4.Batas nilai stimulus observer
Batasi setiap stimulus-stimulus yang mungkin observer munculkan pada saat proses pengamatan berlangsung agar perilaku normal tidak terpengaruhi oleh stimulus yang observer munculkan.

5.Ikuti semua aturan tempat yang diamati
Selama proses observasi berlangsung, ikutilah segala bentuk peraturan dan kebiasaan dimana tempat tersebut dijadikan tempat pengamatan. Mengikuti aturan dalam setting tempat dapat membuat observer terhindar dari perilaku mencolok yang dapat menimbulkan perilaku normal observe berubah.

6.Perhatikan ketika observer masuk dalam tempat pengamatan
Ketika masuk dalam tempat pengamatan usahakan tidak terlalu mencolok perhatian dari observe di tempat pengamatan. Sehingga kehadiran observer tidak memberikan ketidaknyamanan bagi observe.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar